Install Android di PC/Laptop dalam Grub Loader Windows 7



Jika kalian memiliki Windows 7 di dalam pc/laptop, kalian bisa menambahkan os kalian dengan os terpopuler pada saat ini yaitu Android, dan sekarang Android meluncurkan versi os untuk PC/Laptop. Program yang dibutuhkan :
1.       EasyBCD 2.1.2 (http://neosmart.net/download.php?id=1)
2.       unetbootin-windows-563 ( booting melalui USB )
3.       Android-X86-3.2-RC3-asus_laptop.iso

Sebelum memulai menginstall os android 86x versi 3.2 di dalam pc ataupun laptop, kita terlebih dahulu mendownload os android-x86-3.2-RC2-asus_laptop.iso di url berikut : http://code.google.com/p/android-x86/downloads/detail?name=android-x86-3.2-RC2-asus_laptop.iso&can=2&q=
Setelah di download, burning iso tersebut ke dalam cd, atau lebih mudahnya menggunakan usb dengan bantuan software unetbootin, berikut link nya: http://unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-windows-latest.exe
1.       Booting dari CD
Burning iso tersebut menggunakan ultra iso ke dalam cd lalu restart pc/laptop, setelah itu buatlah system booting pertamanya menjadi drive dvd/cd biar bias menjalankan boot dari cd. Ketika cd berjalan, maka boot yang akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:


Jika kalian ingin mencoba dulu androidnya, pilih salah satu dari bagian live cd. Tetapi jika ingin langsung menginstallnya, kalian pilih installation – install android-x86 to hardisk.
Ketika kalian pilih installation – install android-x86 to hardisk, secara otomatis, android akan cek partisi hardisk kalian, dan akan menampilkan partisi seperti gambar di bawah ini:
Gambar di atas, menampilkan 1 partisi ( ini hanya contoh ), jika kalian terdapat banyak partisi, pilihlah salah satu ( jangan takut data-data kalian hilang ), karena di dalam penginstallan tidak dilakukannya pemformatan partisi. Setelah memilih salah satu partisi, maka akan menampilkan bagian proses pemformatan partisi hardisk, pilih Do Not Format lalu pilih ok.
Setelah, maka akan menampilkan pesan konfirmasi, pilih SKIP  agar windows 7 ataupun Windows XP yang kalian punya tidak dihilangkan di dalam GRUB boot loader.

Lalu muncul pesan pertanyaan ( question ), pilih yes saja
Maka, Android pun di install berikut gambar prosesnya:
Setelah penginstallan selesai, maka akan menampilkan dialog congratulation, dan diberi pilihan, apakah kalian ingin membuat sdcard atau langsung jalanin aj??, lebih baik terlebih dahulu membuat partisi sdcar, dimana partisinya maksimal 2GB = 2047 MB. Setelah memilih Create a fake SDCard, secara otomatis, isi partisi diberikan 2047 MB, tekan enter saja.
Setelah itu, Pilih reboot.
Langkah ini tentu saja belum usai, karena os android tidak akan di jalankan di dalam windows 7 boot manager, untuk itu jalankan program yang telah saya berikan link nya.
Lalu pilih Add New Entry, kemudian dibagian Operating System, pilih tab Linux/BSD, setelah itu centang Use Easy BCD’s copy of GRUB, kemudian berinama pada bagian name menjadi Android. Tahap terakhir klik tombol Add Entry lalu restart pc/laptop kalian.

2.       Booting melalui USB
Jalankan program unetbootin-windows-563 yang telah saya beri link nya, lalu pilih diskimage, kemudian tekan tombol titik (…), pilih iso Android yang telah saya berikan linknya. Kemudian, pada bagian Type pilih USB Drive, dan Drive, pilihlah alamat flashdisk/usb yang kalian miliki. Tahap terakhir, pilih ok.
Selanjutnya, restart pc/laptop lalu ubah urutan boot systemnya, untuk USB diurutan pertama, agar booting yang dilakukan pertama kali adalah usb. Setelah itu, ikuti langkah-langkah sebelumnya seperti pada tahap booting dari CD.

Selamat Mencoba...

Komentar

  1. gan, bsa di instal di laptop yg 64bit gak?

    BalasHapus
  2. udah sampe yang easy bcd ,terus pas di restart, ada androidnya tapi gak bisa masuk, ada tulisan cannot find apa gitu, mohon pencerahan

    BalasHapus
  3. Terima Kasih< terjawab sekali keluhan saya selama ini karena setelah install kenapa langsung maen di windows se7en mulu<<<sekarang dah ada pilihan grub nya< sebelumnya setelah sukses install androidnya kagak mucunghul... sekali lagi terima kasih gan

    BalasHapus
  4. thx bisa ane di laptop hp 430 core i5

    BalasHapus

Posting Komentar