Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

- Pertumbuhan Penduduk Bali Program KB ( Keluarga Berencana ) telah berhasil di provinsi Bali dan Gianyar. Di Bali, program KB telah berhasil dan bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan yang tinggi. Namun sebaliknya. Angka penduduk semakin bertamabah, setiap tahunnya. Wakil Bupati Gianyar Dewa Made Suntanya, mengatakan bahwa provinsi Gianyar masih tinggi akan pertumbuhan penduduknya. Maka terhadapat laju pertumbuhan penduduk yang tinggi perlu di waspadai. Di tahun 2010, provinsi Gianyar di prediksikan sekitar 445.102 jiwa. Didampingi Kasi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) I Nyoman Sumiarta S.Sos, mengatakan bahwa untuk mengantisipasi hal itu pihaknya telah menjalin kerja sama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kabupaten/kota setempat yang menangani KB. Upaya tersebut dilakukan dengan meningkatkan pelayanan kontrasepsi secara Cuma-Cuma, dengan menggunalan mobil pelayanan KB yang bekerja sama dengan rumah sakit di setiap daerah pulau Dewata. Menurut Ketut Sutjipta upaya ini belum membuahkan hasil sesuai harapannya. Namun dengan tekad kebersamaan dan kerja keras seluruh instansi terkait, diharapkan mampu mengendalikan pertumbuhan penduduk yang pesat, ucapnya. BKKBN Bali dalam mengajak dan memotivasi pasangan usia subur menggunakan kontrasepsi mantap sesuai pilihan, telah menjalin kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar.
- Kebudayaan Dan Kepribadian Anak Nakal Kebudayaan Anak Nakal, mereka selalu melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka risih jika ada yang memerintah mereka. Kebanyakan anak yang nakal adalah orng tua yang selalu memberikan apapun padanya, sehingga anak itu menjadi manja, ketika orang tuanya tidak memberikan sesuatu yang dingini anak, mereka akan memberontak dan menjadi anak nakal. Atau, anak itu di tinggal orang tuanya karena pekerjaan, sehingga mereka seperti di campakan orang tua mereka sendiri. Itu adalah salah satu factornya. Anak nakal biasanya selalu mencoba hal baru yang ada di sekitar mereka. Banyak orang tua yang menyebut anaknya nakal, sehingga anak ini menjadi lebih agresif karena perkataan orang tuanya. Kepribadian anak nakal, biasanya anak ini membutuhkan perhatian orang tua. Seorang anak bisa memperlihatkan perilaku sikap menentang, sikap tidak mudah menerima saran-saran atau nasihat-nasihat orang lain, dan sikap kompensatoris. Kesemuanya itu bisa bersumber pada keadaan fisiknya (misalnya ada kekurangan atau cacat) yang berbeda sekali dibandingkan dengan saudara-saudaranya.
- Kebudayaan Korea Musik adalah salah satu dari kebudayaan yang sampai sekrang ada di dunia. Termasuk Negara Korea. Musik tradisional korea mementingkan improvisasi, berjalan terus-menerus, serta sedikit jeda dalam setiap pertunjukkannya. Pansori contohnya, dapat berlangsung sampai lebih dari 8 jam dengan hanya satu penyanyi. Kontras dengan perbedaan alunan musik barat, sebagian besar pertunjukkan musik tradisonal Korea dimulai dari gerakan (alunan) yang paling lambat sampai paling cepat. Alat musik perkusi korea bermacam-macama, yaitu : kwaenggwari, jing, buk, janggu, bak, pyeonjong, dan sebagainya. Tarian dalam Korea memilik 2 tari yang berbeda, yaitu tarian rakyat kelas atas dan tarian rakyat biasa. Tarian istana yang umum contohnya jeongjaemu yang dipentaskan dalam pesta kerajaan, ilmu yang dipentaskan dalam upacara Konfusius. Jeongjaemu dibagi dalam jenis yang asli dari Korea (hyangak jeongjae) dan jenis yang dibawa dari Tiongkok (dangak jeongjae). Tarian lainnya adalah tarian Shamanisme yang dipentaskan oleh dukun dalam upacara-upacara tertentu. Masyarakat Korea memilih tempat tinggal yang berdasarkan geomansi. Orang Korea meyakini bahwa beberapa bentuk topografi atau suatu tempat memiliki energi baik dan buruk (dalam konsep eum dan yang) yang harus diseimbangkan. Rumah menurut kepercayaan mereka dibangun secara berlawanan arah dengan gunung dan menghadap selatan, agar menerima sebanyak mungkin cahaya matahari. Rumah tradisional Korea (biasanya rumah bangsawan atau orang kaya) dipilah menjadi bagian dalam (anchae), bagian untuk pria (sarangchae), ruang belajar (sarangbang) dan ruang pelayan (haengrangbang). Besar rumah dipengaruhi oleh kekayaan suatu keluarga. Rumah-rumah ini memiliki penghangat bawah tanah yang disebut ondol yang berfungsi saat musim dingin.

Komentar