3D Game Studio - Game Engine

3D Game Studio
Sebelum saya menjelaskan mengenai program 3D Game Studio, terlebih dahulu, saya ingin menerangkan tentang Game Engine.

Game engine adalah sebuah perangkat lunak yang di rancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Begitu banyak game engine yang beredar termasuk 3D Game Studio. Dulu membuat game sendiri, sangatlah sulit karena begitu banyaknya code-code pemograman yang harus di sisipkan dan belum lagi dengan adanya karakter, background, musik yang begitu sulit di buat. Karena begitu pesatnya teknologi, Game engine di buat begitu mudah, contoh software yang paling mudah di gunakan adalah RPG Game Maker ( 2D Games ), dimana orang awam pun bisa menggunakannya layaknya seorang pembuat game profesional. Contoh lain untuk 3D Game yang paling mudah adalah 3D Game Maker, yang kita lakukan dalam program ini hanyalah membuat sebuat peta, meletakan health ( Darah/Nyawa dalam sebuah game ), Coin, dll. Setelah itu, tahap terakhir adalah kita memilih karakter yang di inginkan. Ketika pemilihan karakter itu selesai, game pun siap di jalankan. Mudah kan, kita tidak perlu menyisipkan script-script lain ke dalam nya.

Beda dengan 3D Game Studio, di dalam software terbarunya 3D Game Studio A8 yang merupakan software Pra bayar ini, memiliki kelebihan, yaitu:
  •  Kualitas Render yang tinggi
  •  Memiliki Shader
  •  Penggunaan bahasa C++ , C#, dan Delphi
  •  Membuat level dengan menggunakan FBX Format
  •  Semua program pendukung seperti MED ( The Model Editor ), WED ( The World Editor ) dan SED ( The Script editor )
  • Program tambahan GED ( The Game Editor ) hampir sama dengan Wed namun perbedaanya dalam tampilan nyata atau realview ( Realtime ).

Namun, program ini di buat secara manual, pembuatan karakter, scripting dan pemubatan level. Tetapi, dalam software ini juga terdapat script, karakter, dan model telah di sediakan oleh perusahaan GameStudio, Oleh sebab itu, kita lebih mudah membuat level-level dalam game yang akan kita buat.  Yang perlu kita lakukan dan usahakan adalah membuat scripting yang begitu sulitnya. Namun dengan kita belajar dan terus mencoba, kemungkinan besar, kita mudah menggunakan software ini. Berawalah dengan mencoba membuat game shooter, karena gamestudio telah menyediakan scripting shooter, dengan mudah kita bisa menyisipkannya kedalam karakter kita. Setelah level di buat, cobalah untuk merubah script yang di sediakan gamestudio sedikit demi sedikit. Maka hasil akhirnya pasti akan memuaskan.

Berikut ini contoh dari game yang di buat dengan menggunakan 3D Game Studio A8:

 

Dan berikut ini review dari 3D Game Studio A8:
 

Source : 
1. Youtube.com
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine

Komentar

Posting Komentar