Jenis - Jenis RAM


Perkembangan jenis memory berdasarkan kemampuannya adalah
1.     DRAM ( Dynamic Random Access Memory)
Merupakan jenis memory yang ada setiap interval waktu tertentu, selalu memperbaharui keabsahaan informasi atau isinya. DRAM mempunyai frekuensi kerja hingga 40MHz.
2.     FPM DRAM ( Fast Page Mode DRAM )
Memori jenis ini bekerja seperti sebuah indeks atau daftar isi. Ketika system membutuhkan isi suatu alamat memori, FPM tinggal mengambil informasi mengenainya berdasarkan index yang telah dimiliki. FPM memungkinkan transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memory sebelumnya.
3.     EDO DRAM ( Extended Data Output DRAM )
EDO DRAM adalah memory yang merupakan penyempurnaan dari FPM. Memory EDO dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO bekerja pada frekuaensi hingga 75 MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, tetapi keduanya tidak dapat di pasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.
4.     SDRAM
SDRAM merupakan memory yang bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama/sinkron dengan frekuensi yang ada pada prosesor. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tenaga kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt.
5.     DDR SDRAM
DDR SDRAM merupakan memory yang mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja maka DDR SDRAM menjalankan instruksi, baik pada gelombang postif maupun gelombang negative.

Resensi : Panduan Lengkap untuk Teknisi Komputer oleh Penerbit Andi

Komentar